Senin, 06 Mei 2013

Politik Islam Melayu (Studi Pemikiran Raja Ali Haji 1808-1873)

DESAIN PENELITIAN
Oleh: Gimin Saputra
Topik : Politik Islam Melayu (Studi Pemikiran Raja Ali Haji 1808-1873)
Asumsi dasar:
1.      Raja Ali Haji adalah sosok ulama yang tidak hanya fasih berbicara agama, namun juga menguasai bidang politik, ketatanegaraan, sejarah, hukum, sastra, dan bahasa. Buah pemikirannya dikenal dengan kekhasannya yang selalu berakar pada syari‘at Islam dan juga tradisi Melayu. Karya-karyanya di bidang sastra, bahkan sangat diperhitungkan pada masanya (abad ke-19), hingga ia dikenal sebagai salah satu tokoh paling terkemuka di zamannya, baik di kalangan agamawan, cendekiawan, bangsawan, maupun sastrawan.
2.      Raja Ali Haji, melalui karyanya Tsamarat al-Muhimmah Difayah li al-Umara wa al-Kubara wa li ahl al-Mahkamah, secara tegas menyatakan bahwa seorang raja yang melalaikan tugasnya dan mendurhakai Allah swt, tidak dapat diterima sebagai penguasa, dan jabatannya harus diserahkan kepada orang yang lebih tepat. Pandangan Raja Ali Haji tersebut agaknya dipengaruhi oleh Imam al-Ghazali. Hal ini dapat dilihat dari karya-karyanya yang banyak menyebutkan buku Ihya Ulum ad-Din, karya ulama besar tersebut. Pengaruh al-Ghazali sangat terasa dalam bagaimana Raja Ali Haji menggambarkan sosok raja yang ideal yang seharusnya bisa menahan diri dari hal-hal yang bersifat duniawi dan lebih mementingkan untuk mengurus kemaslahatan umat.
3.      Perbincangan mengenai politik Islam di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh pemikiran politik para ulama Timur Tengah. Karya-karya mereka, bahkan, kerapkali menjadi rujukan utama para pemikir politik Islam di negeri ini. Sementara, pemikiran ulama-ulama dunia Islam Melayu hampir tidak tersentuh dan jarang dijadikan rujukan dalam tulisan para pemikir politik Islam Indonesia. Oleh karena itu penulis ingin mengkaji leih dalam “Politik Islam Melayu (Studi Pemikiran Raja Ali Haji 1808-1873)”.
Research question:
Bagaimana bentuk politik dari Raja Haji Ali dalam Islam Melayu ?
Estimasi judul:
1.      Biografi Raja Ali Haji ?
2.      Latar belakang politik Raja Ali Haji ?
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi polotik Raja Ali Haji ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar